Home Tutorial 3 Penyebab Smartphone Android Lemot

3 Penyebab Smartphone Android Lemot

30
0
Penyebab Smartphone Android Lemot
Penyebab Smartphone Android Lemot

TEKNOREVIEWS.COM – 3 Penyebab Smartphone Android Lemot Ketika smartphone android lemot padahal sedang dibutuhkan untuk bekerja lebih cepat, pasti itu merupakan momen-momen yang paling menjengkelkan. Smartphone baik yang murah dan mahal bisa saja mengalami lemot dan untuk HP Flagship pun sama jika banyak sampah dan jarang dirawat maka pasti mempunyai yang namanya ambang batas kemampuan.

Ada beberapa Penyebab Smartphone Android Lemot yang harus anda ketahui supaya lebih memahami dengan kondisi HP yang anda miliki. Seperti diketahui, semakin lama digunakan maka kemampuan yang ada jadi semakin berkurang juga, oleh karena itu sebagai pengguna gadget yang cerdas harusnya mempelajari apa saja yang jadi penyebab smartphone jadi lemot maupun lambat dan juga perlu mempelajari tata cara mengatasi smartphone lambat.

Bagi anda yang memang sangat penasaran dengan apa saja hal yang membuat hp terasa lemot, maka bisa membaca penjelasan kami berikut ini.

Penyebab Smartphone Android Lemot

Setelah beli hp android biasanya kebanyakan para pengguna gadget langsung tidak sabar ingin mendownload berbagai jenis aplikasi yang ada, mulai dari yang digunakan untuk sosial chat, sosmed, dan berbagai aplikasi lainnya.

Namun tanpa disadari, semakin banyak menginstal aplikasi dan kedepannya tidak digunakan malah akan membuat sistem jadi berkerja berlebihan, ini menjadi salah satu penyebab smartphone lemot yang bisa jadi banyak yang belum sadar. Namun ada beberapa faktor lainnya diantaranya:

Shortcut Berlebihan pada Home Screen

Tampilan depan layar atau home screen baik pada ponsel baru maupun yang sudah lama digunakan pasti banyak dihiasi dengan shortcut berbagai jenis aplikasi. Salah satu alasannya agar lebih memudahkan untuk mengakses aplikasi mana yang ingin dipakai. Memang benar jadi mudah, tetapi apabila terlalu banyak juga tidak baik.

Setiap apa yang ada di ponsel bahkan sampai tampilan juga menjadi tanggung jawab sistem. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyortiran mana-mana saja aplikasi yang memang sering digunakan dan untuk yang jarang dipakai sebaiknya dihapus saja shortcutnya pada home screen.

Bukan hanya shortcut, akan tetapi penggunaan wallpaper terutama wallpaper 3D bergerak malah ini dapat membuat HP akan semakin terasa berat dan lambat. Pilih yang tidak terlalu banyak gerak, cukup yang statis saja. Hal ini dikarenakan saat memakai wallpaper yang bergerak membuat kinerja sistem jadi lebih berat.

Menumpuk SMS dan Log Aktivitas

Kebiasaan yang sering dilakukan juga adalah menumpuk sms baik masuk maupun keluar pada ponsel, dimana semakin lama akan membuat sistem jadi kerja ekstra agar informasi sms yang ada tetap bisa diakses.

Sebaiknya jika memang informasi sms tersebut tidak penting lagi maka tidak perlu disimpan terlalu lama, sama halnya dengan log aktivitas seperti menelpon yang juga jika dibiarkan terus menerus akan membuat jadi menumpuk.

Bagi kalian yang suka main di sosmed dengan banyaknya sampah dari aplikasi sosmed seperti facebook sampai instagram, hal ini pun bisa menjadi penyebab HP android akan lemot.

Menyimpan File Terlalu Banyak di Memori Internal

Ini semacam jadi dilema bagi pengguna smartphone yang hanya memiliki memori internal dan tidak bisa menambahkan memori eksternal, jika hal ini yang dialami perlu lebih bijak untuk memakai memori.

Sedangkan bagi yang mempunyai slot memori eksternal, sebaiknya mulai dipergunakan karena pada dasarnya masih banyak merk ponsel yang kapasitas memori internalnya sedikit sehingga jika terlalu dipaksakan untuk menyimpan file dalam jumlah banyak akan membuat kerja sistem semakin berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here